Visi Misi

Visi Pembangunan Kabupaten Tabanan Tahun 2016-2021 yang telah diikrarkan oleh kepala daerah terpilih adalah:

“Terwujudnya Masyarakat Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi” (Tabanan SERASI)

Makna yang terkandung dalam visi pembangunan daerah tersebut dapat diuraikan sebagai berikut :

Tabanan SERASI adalah terwujudnya keseimbangan masyarakat Tabanan dalam membangun individu, keluarga, dan komponen masyarakatnya sehingga timbul keharmonisan dalam meraih kesejahteraan, rasa aman dan prestasi yang setinggi – tingginya, dengan landasan keselarasan hubungan manusia dengan sesama manusia, dengan lingkungannya, dan dengan Tuhannya.
Tabanan Sejahtera adalah terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat Tabanan yang cerdas, berderajat sehat, serta berakhlak yang tinggi, ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya dan politik yang mantap dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengelolaan sumber daya alam, dan pelestarian lingkungan hidup.
Tabanan Aman: Terjaminnya rasa aman masyarakat dan dunia usaha yang ditandai dengan terciptanya keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat dalam pencapaian kesejahteraannya melalui penguatan di bidang hukum, peningkatan mutu pengelola pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.
Tabanan Berprestasi: Terwujudnya prestasi keluarga, perempuan dan pemuda, pendidik, paramedis, petani, peternak, nelayan, pengerajin, budayawan, olahragawan, dunia usaha, serta penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Tabanan, di berbagai kancah penggalangan keunggulan maupun prestasi dalam lingkup regional, nasional dan internasional.
Dari Visi yang telah ditetapkan tersebut kemudian dijabarkan kedalam 5 Misi dengan memperhatikan kondisi dan permasalahan yang ada serta memperhatikan peluang dan tantangan ke depan, sehingga dirumuskan Misi sebagai berikut :

Membentuk Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berbudaya dan berkeadilan sosial.
Meningkatkan derajad kesehatan masyarakat melalui peningkatan akses dan pelayanan prima.
Menggerakan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan masyarakat berbasis pertanian dan pariwisata.
Mempercepat pengembangan pusat-pusat pertumbuhan wilayah melalui peningkatan infrastruktur.
Memperkuat birokrasi yang berorientasi kinerja, transparan dan berdaya saing berbasis teknologi informasi.